Ketidakpastian dan Motivasi

Siapapun Anda, saya yakin pasti tak menyukai dengan ketidak pastian. Keberadaannya dapat membuat Anda frustasi. Namun walaupun ketidakpastian membuat Anda pada situasi yang tidak menyenangkan, ketidakpastian selalu ada, dan akan terus ada di setiap langkah Anda dalam menapaki ‘sang waktu’ untuk menjalani kehidupan. Ketidakpastian berhubungan erat dengan masa yang akan datang, masa yang belum Anda jalani. Sehingga siapapun Anda, tak mungkin dapat mengklaim sebagai sosok yang paling berpengalaman dalam menghadapi ketidak pastian.

Ketika Anda bangun dari tidur, apakah Anda tahu sarapan apa pagi ini? Ditempat kerja apakah semua pekerjaan dapat sesuai dengan rencana Anda? Apakah usaha Anda dapat Anda pastikan berhasil dan mendapatkan keuntungan? Dan masih banyak lagi dari kehidupan Anda yang masih belum jelas bagaimana hasil akhirnya, semuanya masih merupakan misteri.



Meski ketidakpastian itu menyiksa, pernahkan Anda berpikir apabila ketidakpastian itu banyak menghasilkan keuntungan. Coba  kita pikirkan apabila kita dapat mengetahui apa yang akan terjadi dalam kehidupan ini. Seandainya Anda seorang yang sedang belajar berbisnis, dan Anda tahu jika usaha Anda akan selalu rugi? Bagaimana Anda kemudian dapat menjalani usaha Anda? Atau Anda seorang pegawai, tetapi Anda tahu bahwa tak akan ada promosi hingga pensiun, bagaimana Anda dapat menikmati pekerjaan Anda? Lalu bagaimana seandainya Anda tahu kapan dan bagaimana kematian datang menjemput. Saya yakin hidup dan menjalani kehidupan tak lagi menarik!

Ketidakpastian memang menyiksa, tetapi keberadaannya justru mempesona. Membawa Anda pada misteri, sesuatu yang menantang Anda untuk mengolah pikir dan ‘menentukan takdir Anda sendiri’, memberi Anda peluang untuk terus berusaha, mewujudkan apa yang menjadi mimpi Anda. Semuanya menjadi ‘belum ditentukan’ dan Andalah yang harus menentukannya. Sehingga jika pun semua tak sesuai dengan rencana, toh Anda tak kehilangan motivasi dalam menjalaninya. Setiap usaha Anda masih memiliki ‘harga’. Ketidakpastian juga membawa Anda pada keyakinan bahwa Anda bukanlah pemilik tunggal masa depan Anda. Itu membuat Anda menjadi pribadi yang terus rendah hati, dan senantiasa berserah pada yang memiliki kehidupan ini dengan segala doa-doa Anda. Sehingga ketidakpastian tidak hanya membawa Anda pada motivasi tertinggi, tetapi juga pribadi yang humble dan religious.

Masihkah Anda berharap untuk semuanya pasti?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar